Perusahaan Rio Tinto PLC, Perusahaan Tambang Terkaya di Dunia

Perusahaan Rio Tinto PLC, Perusahaan Tambang Terkaya di Dunia

Anda tentu sudah tidak asing mengenai Freeport yang mengelola tambang emas di Papua. Ternyata selama ini ada banyak pihak asing yang da di balik aktivitas tersebut. Salah satu diantaranya adalah Perusahaan Rio Tinto PLC. Rio Tinto merupakan perusahan tambang asal Inggris-Austria. Ia memegang sebanyak 40% atas pengelolaan tambang emas di Papua tersebut.

Mengenal Berbagai Fakta Perusahaan Rio Tinto PLC

Perusahaan Rio Tinto PLC, Perusahaan Tambang Terkaya di Dunia

Ada banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada beberapa pihak asing yang menguasai pengelolaan tambang emas di Papua. Salah satunya adalah Rio Tinto. Seperti apa fakta mengenai perusahaan tersebut? Ketahui selengkapnya pada penjelasan di bawah ini:

  • Termasuk perusahaan tambang terkaya di dunia

Rio Tirto tercatat sebagai salah satu perusahaan terkaya yang ada di dunia. Perusahaan tersebut bahkan sudah menjalankan bisnis tambangnya sejak tahun 1873. Tidak hanya itu saja, perusahaan tersebut bahkan berhasil mengubah sebagian tambang yang dikelolanya menjadi penghasil mineral nomor satu. Saat itu tepatnya antara tahun 1877 sampai 1891. Tentu saja termasuk waktu yang sangat lama.

  • Rio Tinto memiliki markas di banyak negara

Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan ini memiliki markas di banyak negara. Seperti Australia, Melbourne, Inggris, dan juga London. Rio Tinto pun bahkan pernah memperoleh nilai penjualan sebesar AS$51,2 miliar. Dengan nilai penjualan tersebut maka perusahaan ini setidaknya berhasil meraup keuntungan sekitar AS$3,7 miliar tepatnya pada tahun 2014 yang lalu.

Tidak hanya itu saja, perusahaan yang satu ini bahkan berhasil melakukan pembukuan kekayaan dengan jumlah $ 99,3 miliar. Adapun dengan jumlah tersebut membuatnya menduduki urutan ke 111 terkaya yang ada di dunia. Tentu saja salah satu sumber yang diperoleh adalah dari Papua, Indonesia.

  • Melakukan pertambangan di Papua berawal dari Orde Baru

Pada saat itu Orde Baru dipimpin oleh Suharto memberikan peraturan tentang undang-undang mengenai penanaman modal asing. Adanya peraturan tersebut menjadi kiblat tersendiri bagi pertambangan pada saat itu sehingga diadopsilah oleh undang-undang tentang pertambangan. Ketika undang-undang pertambangan sudah sah, maka saat itu juga Negara Indonesia mulai membuka korporasi asing dan salah satunya adalah Rio Tinto. Hingga akhirnya perusahaan tersebut dapat duduk manis dalam menikmati kekayaan dari tanah Papua.

  • Mampu mengeruk emas di Indonesia dengan mudah

Dapat dikatakan bahwa, Rio Tinto serta Freport McMoRan Inc. (FCX) sudah melakukan tanda tangan terhadap participation agreement di tahun 1996 yang lalu. Adapun dalam perjanjian tersebut dijelaskan bahwa Rio Tinto memperoleh hak atas hasil produksi serta memperoleh kewajiban atas biaya operasi sekitar 40% hingga tahun 2022 yang akan datang.

  • Ada banyak lingkungan hidup Papua yang rusak

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Perusahaan Rio Tinto memang sudah sukses dalam mengambil emas di tanah Papua. Akan tetapi, tidak hanya itu saja karena perusahaan ini juga meninggalkan sejumlah bahaya bagi lingkungan daerah tersebut. Pasarnya diduga terdapat banyak hutan bakau yang akan dirusak nantinya akibat adanya sedimentasi.

Tentu saja, ada banyak populasi lokal yang akan terancam keberadaannya. Beberapa diantaranya seperti Suku Kamoro serta Sungai Ajkwa yang berada di sekitar daerah tersebut. Limbah yang dikeluarkan nantinya juga akan menyebabkan rantai makanan menjadi terganggu.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai Perusahaan Rio Tinto PLC. Perusahaan yang satu ini memang termasuk perusahaan tambang terbesar yang ada di dunia. Tidak heran apabila dapat dengan mudah menguasai dunia pertambangan termasuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *